KA'BAH

KA'BAH

Wednesday, July 4, 2018

HUKUMNYA BERANGKAT UMROH TAPI BELUM HAJI

Banyak sekali pertanyaan yang muncul mengenai Haji dan Umroh, terutama sekarang ini yang bila daftar haji reguler maka berangkatnya 20 tahun lagi yakni daftar bulan juli 2018 maka akan berangkat 2048 sedang Haji plus harus antri 7 tahun... Ya Allah lama sekali, terus bagaimana kalau kita ingin sekali ke Rumah Allah ? Mekkah dan Madinah ? Baitullaah.

Umroh menjadi hal yang lumrah sekarang ini dikalangan masyarakat Indonesia dikarenakan lamanya antri keberangkatan haji sedangkan umroh bisa langsung berangkat. Bagaimana hukumnya Umroh saja Haji gak usah (karena antri yang panjang dan lainnya) ?

Rukun Islam ada lima yakni Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat, Haji (bagi yang mampu dan hanya sekali). itulah yang menjadi rukun Islam, umroh kan nggak termasuk, Umroh beda sama Haji, Umroh bisa setiap saat sedangkan Haji waktunya ada ketentuannya.

Setelah kami konsultasikan ke  Ulama, Ustadz dan mereka yang dipandang berilmu dan atas dasar rujukan berbagi hadits maka Daftar Haji dululah yang diutamakan (biaya dapat kursi 25,5 jt), baru dikarenakan berangkat haji masih lama silahkan ber Umroh.
Dan perlu diketahui apabila Ber HAJI maka pasti sekalian Umroh, kalau Umroh belum tentu haji. Marilah kita berdoa untuk dicukupkan rejeki kita semua oleh ALLAH SWT agar bisa menunaikan Ibadah HAJI    amiinnn 

No comments:

Post a Comment